RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(
RPP )
PENDIDIKAN
AGAMA ISLAM
Sekolah : SMP
Negeri 1 Gaung
Mata Pelajaran : Pendidikan
Agama Islam
Kelas / Semester : VII
/ Ganjil
Tema : Indahnya
Kebersamaan Dengan Berjamaah
Sub Tema : Shalat
Berjamaah dan Munfarid
Alokasi Waktu : 1
X Pertemuan ( 2 x 40 menit )
A. Kompetensi Dasar dan Indikator
No
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
1
|
7.1 Menjelaskan pengertian
shalat
berjamaah dan munfarid
|
7.1.1 Menjelaskan pengertian
shalat
Berjamaah
7.1.2 Menjelaskan pengertian
shalat
Munfarid
7.1.3 Menjelaskan keutamaan
shalat
Berjamaah
7.1.4 Menjelaskan syarat-syarat
mendidirkan shalat berjamaah
|
B. Tujuan Pembelajaran :
1. Siswa dapat
menjelaskan pengertian shalat jama’ah
2. Siswa dapat
menjelaskan pengertian shalat munfarid
3. Siswa dapat
menjelaskan keutamaan shalat berjama’ah
4. siswa dapat
menjelaskan syarat-syarat shalat berjamaah
C. Materi Pembelajaran : Shalat Berjama’ah dan
Munfarid
1. Pengertian shalat
berjama’ah adalah shalat yang dilakukan bersama
2. Pengertian shalat
munfarid adalah shalat yang dikerjakan sendirian
3. Hadits keutamaan
shalat berjama’ah :
Artinya : “ Shalat berjama’ah lebih utama dari shalat
sendiri dengan 27 derajat “ ( HR. Bukhari Musim )
4. Syarat-syarat shalat berjama’ah
terdapat dalam syarat-syarat pada imam dan makmum. Adapun syarat-syarat
tersebut yaitu :
a. Syarat sah
menjadi imam
1.Orang yang fasih dalam membaca Al- Qur’an dan memahami hukum bacaan Al-
Qur’an
dan hadits nabi.
2.Orang yang lebih pandai ilmu agamanya
3.Orang lebih tua usianya
4. Orang yang paling banyak hafalan surah atau ayat
Al-Qur’an
5. Orang yang lebih banyak amal
salehnya dan sedikit perbuatan maksiatnya
6. Sehat akalnya
7.
Mengetahui syarat, rukun dan segala hal yang membatalkan shalat.
b. Syarat sah menjadi ma’mum
Ma’mum adalah orang yang mengikuti semua gerakan imam dalam melaksanakan
shalat berjama’ah. ma;’mum
dibagi menjadi 2 yaitu :
1. Ma’mum muwafiq adalah ma’mum yang secara
sempurna mengikuti seluruh
raka’at
imam dalam shalat berjama’ah.
2. Ma’mum masbuk adalah ma’mum yang terlambat datang, sementara
imam sudah
melakukan sebagian raka’at rukun shalat ( sudah mendapat
satu, dua bahkan tiga
raka’at ).
Jika terjadi demikian, maka ma’mum langsung melakukan takbiratul
ihram disertai
niat ma’mum dan setelah imam salam, maka ma’mum tersebut
menambah
kekurangan raka’at shalatnya.
D. Metode pembelajaran :
* Ceramah
* Tanya Jawab
E. Media dan sumber pembelajaran
1. Media : Audio Visual, VCD
2. Sumber belajar : Buku
Cetak Pendidikan Agama Islam Kelas VII
F. Langkah-langkah kegiatan pembelajaran
1. Pertemuan
kesatu
a. Pendahuluan / kegiatan awal ( 10 Menit )
* Mengucapkan salam
* Berdo’a bersama sebelum belajar
* Guru mengabsen siswa
b. Kegiatan Inti ( 60 Menit )
1. Eksplorasi
*
Guru yang menjelaskan pengertian,
keutamaan dan syarat-syarat shalat berjamaah dan munfarid
2. Elaborasi
* Siswa menelaah lebih dalam mengenai keutamaan shalat berjamaah
3. Konfirmasi
* Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
* Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalah pahaman,
memberikan penguatan dan penyimpulan
c. Penutup
( 10 Menit )
* Bersama-sama dengan peserta didik dan/ atau
sendiri membuat rangkuman / simpulan pelajaran
* Melakukan penilaian atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah
dilaksanakan secara terprogram.
F. Penilaian
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Tehnik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen /
Soal
|
·
Menjelaskan penngertian shalat berjmaah
·
Menjelaskan pengertian shalat munfarid
·
Menjelaskan keutamaan shalat berjmaah
·
Menjelaskan syarat-syarat shalat berjamaah
|
Unjuk kerja
|
Tes
Identifikasi
|
·
Jelaskan pengertian shalat berjamaah?
·
Jelaskan pengertian shalat munfarid?
·
Jelaskan keutamaan shalat berjamaah?
·
Jelaskan syarat-syarat shalat berjamaah
|
Mengetahui, Kuala
Lahang, 10 Mei 2014
Kepala Sekolah Guru
Bidang Study
SUPRIHANTO, S.S.,S.Pd AYU
ARIDHA
NIP. 19591229 198103 1 004
Tidak ada komentar:
Posting Komentar